Arah Kebijakan, Sarana dan Prasarana

 A. Arah Kebijakan

Kebijakan Pembangunan Desa Watu Kawula akan diarahkan pada beberapa aspek, antara lain :

  1. Pengalokasian anggaran berdasarkan skala prioritas agar program pemerintah desa dapat terlaksana secara cepat, tepat dan akurat yang ditunjang dengan peningkatan kesejahteraan aparatur dan lembaga yang ada dengan mengedepankan perbaikan manajemen pemerintahan dan pelayanan publik .
  2. Penataan administrasi pemerintahan desa
  3. Memberdayakan lembaga yang ada dan mengoptimalkan kegiatan ekonomi guna menunjang Peningkatan daya beli  dan daya saing masyarakat.
  4. Peningkatan sumber daya masyarakat agar masyarakat menjadi lebih produktif dan mampu berdaya saing menghadapai perkembangan lingkungan  dan perkembangan zaman.
  5. Peningkatan Kegiatan Pembinaan  pada kelompok tani, kelompok usaha bersama simpan pinjam dan BUMDES (Badan usaha Milik Desa).
  6. Peningkatan pengelolaan jalan dusun, gang, saluran air/irigasi, serta infrastruktur lain dalam rangka menggerakan seluruh elemen masyarakat untuk mencapai target pembangunan di Desa.
  7. Menggali potensi di wilayah desa guna menambah PAD Desa untuk menambah dana stimulant pemerintah dalam pembangunan yang ada di Desa.
  8. Meningkatkan SDM masyarakat dengan mengadakan pelatihan – pelatihan khususnya di bidang pertanian dan Industri Rumah tangga untuk mendorong tingkat perekonomian masyarakat.
  9. Membantu para petani dalam permodalan melalui BUMDES.

B. Sarana dan Prasarana 

Pembangunan masyarakat desa diharapkan bersumber pada diri sendiri (kemandirian) dan perkembangan pembangunan harus berdampak pada perubahan sosial, ekonomi dan budaya yang seimbang agar dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa menjadi lebih baik.

Prasarana Kesehatan

Prasarana Pendidikan

Prasarana Umum/Tempat Ibadah

Prasarana Umum Lainnya

Download